Keindahan Laut Sawarna

tanjung layar - sawarna

Sebenernya ini kali kedua ane ngunjungin Sawarna.. setelah lebaran tahun lalu sekarang iseng ngabisin liburan lebaran 1431H sama temen-temen berangkat lewat jalur barat via Leuwiliang.

Berangkat dari Bogor jam 13.30wib lewat jalur barat.. beuh ternyata macet juga, kirain lewat selatan aja yang macet.. sampe pasar Leuwiliang jalan lumayan padet. Untungnya setelah lewat pasar jalan kembali normal.. bisa rada ngencengin gas hihi..

Jalur Leuwiliang-Lebak emang enak,  jalan ga rata tapi aspalnya mulus. Ini mungkin karena kontur tanahnya..banyak jalan yng miring-miring, bikin loncat. Lewatin perkebunan Sawit.. disebelah kiri bisa liat Gunung Susu. Tapi ga berenti.. jalan terus.. takut keburu ujan..

16.30 kita udah sampe di Kabupaten Lebak. Sholat Ashar dulu terus lanjut ke alun-alun Rangkas.. janjian sama temen di Lebak. Dan bener aja.. ga lama turun juga ujan. Yaudah sekalian makan dulu sambil tunggu temen..

3orang temen datang,  2org dari Lebak, 1org dari Pandeglang… waaah nginep dimana yah?? Diputusin nginep di Pandeglang… soalnya udah disiapin segala rupa, pake acara ngaliwet hehe..

19.30 berangkat ke Pandeglang.. ga terlalu jauh, setengah jam sudah sampe di rumah temen di Pandeglang, tepatnya sebelum kota Pandeglang. Makan, minum, sikat nasi liwet.. dilanjut ngobrol-ngobrol sebelum akhirnya tidur..

Bangun pagi, disediain kopi+goreng uli.. beuuh.. ternyata di belakang rumah tuh sawah+gunung.. mantaap.. sambil ngobrol tangan ga berenti nyomot uli hihi..

Udah siang, jam 08.00wib.. perjalanan masih panjang..setelah pamitan sama temen2 di Pandeglang, hatur tengkyu..  perjalanan diterusin lagi, lewat Sampai kita motong jalan, jadi ga lewat Saketi, karena menurut info temen-temen Pandeglang, jalan dari Pandeglang – Saketi- Malimping lumayan rusak.

Pisah di Sampai sama temen2 Pandeglang.. mulai jalan lagi.. ke arah Malimping.. jalan campur aduk.. kayanya sebagian baru ditambal.., hati2 jalan berpasir… lupa sampe jam berapa di Malimping.. kayanya sekitar 1,5jam.. sebelum Dzuhur kita udah sampe, sempetin dulu makan deket pasar Malimping sebelum jalan lagi nerusin ke arah Bayah.

Malimping – Bayah kondisi jalan lumayan bagus.. pemandangan juga mantaap.. karena udah mulai nyusurin pinggir pantai.. beuuuh.. bisa 100kpj disini.. hihi..

Berenti di Bayah untuk mampir di SPBU, satu-satunya pom yang bisa ditemuin dalam perjalanan Malimping-Pl.Ratu,  dilanjut ke Sawarna.. lewatin banyak pantai yang masih alami, ada juga goa dan Pulau Manuk..kenapa langsung ke Sawarna? Kebetulan di Ciantir Sawarna ada Tanjung Layar yang posisinya cukup menantang.. masuk kesana harus lewat jembatan gantung.. dan lagi untuk berenang airnya cukup tenang karena ombak kehalang sama karang..

Tanjung Layar.. akhirnya untuk kedua kali sampe disini.. udah agak rame sekarang.. udah ada 2 warung dipantainya.. dan homestay-nya udah mulai bagus..ga sempet nanya harga per malam..

15.00wib perjalanan dilanjut menuju Pelabuhan Ratu..kita ambil jalur Ciawi-Gunung Batu, soalnya klo lewat Cijengkol harus muter balik ke arah Bayah. Dan dijalur ini kendaraan mulai diuji.. banyak tanjakan2 dan turunan yang agak curam..bisa sampe 60derajat ditambah tikungan-tikungan tajam wuidiiih…. Berenti untuk nikmatin kelapa muda di Puncak Habibi.. disodorin pemandangan pantai Cibangban-Pl.Ratu dari puncak bukit…perjalanan diterusin dengan tujuan langsung Bogor..

17.30 Jalur diambil lewat Cikidang, lebih cepet tapi lagi-lagi bakal ketemu tanjakan2 dan turunan curam.. ga sedikit kendaraan yang mogok di tanjakan.. dan byaaar.. baru masuk Cikidang turun ujan.. gede banget.. pas-pasan dengan beduk Mabgrib.. ngeriii…mengharuskan perjalanan ditempuh dengan kecepatan maksimal 40kpj.. serasa lamaa sebelum akhirnya keluar di Ongkrak Cibadak..hihi

Masuk Jl.Raya Sukabumi Bogor kendaraan padat banget.. maklum pas dengan arus balik buat mereka yang selasa mulai kerja..baru setelah Cicurug perjalanan sedikit lancar. Motong jalan lagi lewat Cihideung.. sampe akhirnya keluar di Batutulis Bogor.. sekitar jam 20.00wib.. alhamdulillah, sampe lagi ke rumah tanpa kurang satu apapun..sungguh perjalanan yang mengasikan hee..

Wassalam,

Medi

Gunung Susu

ditengah karangnya Tanjung Layar

jam 15.00 pantai Tanjung Layar udah surut

jalanan halus berpasir.. apa jalan berpasir halus?


14 Responses to “Keindahan Laut Sawarna”

  1. keren pisan pemandanganya
    mantab med kyanya uy. . . mesti harus di jajal juga tuh ha ha ha. . . .

  2. Hade!
    Padahal jam 16.30 ane msh di pl.ratu..,
    Paingan bau na araraneh xi xi

  3. jd penasaran..bener ga siy.. keindahan sawarna ato cuma keindahan cara menceritakanny..hehe.. tp pasti keindahan touringnya dunks….

  4. curang euy.
    di link kemari.:mrgreen:
    nicepost.
    untuk kedua kalinya . . .

  5. Mas didit wawarna part 1 atau part 2 belumpernah ikut serta neh…hihihihihi

  6. torsimoto Says:

    weewwww…indah niannnn….

  7. tu tepatnya daerah mana brow?

    klw dari tangerang arah mana?

    mau lewat mana? Rangkas-Pandeglang atau Sukabumi-Pl.Ratu??
    Jalur Pandeglang : dari Lebak terus ke arah Pandeglang, bisa jalan motong sebelum Pandeglang ke kiri (lupa nama daerahnya) terus ke arah Malimping-Bayah, lewat Pasar Bayah setelah pom bensin ada pertigaan, ambil ke kanan.. anda sudah masuk Desa Sawarna..
    Kalo lewat Jalur Sukabumi-Pl.Ratu.. lewat trs Pl.Ratu bos ke arah Cibangban-puncak habibie… Di Cijengkol bisa motong ke kiri dan lurus terus lgs Desa Sawarna atau lurus arah kanan cuma nanti muter balik di pertigaan sebelum pasar Bayah..
    Silahkan dipertimbangkan lewat mana, kedua jalur punya sensasi tersendiri.. apalagi lewat jalur Pandeglang-Bayah.. beuuuuh… indah sob.. berangkat pagi.. selain aman, pemandangannya ga bikin rugi.. dan bisa nanya sama orang kalau ragu.. basa ga usah di beli ko om..hehe

  8. Thank bro info nya…….

    rencananya akhir bulan mw ke carita-labuhan

    tp lihat foto di atas jd pengen merubah tujuan

  9. kabayantumaritis Says:

    mantaf ki, ke urang duaan kaditu nyak, neangan putri malu, hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: