Tips Menjaga Hubungan Suami Istri di Bulan Puasa

Bagi kita umat Islam, Ramadhan adalah bulan mulia dimana dibukakan pintu-pintu surga, kesempatan untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya dan tentunya juga menjaga dari segala larangannya. Naaah… bagi suami istri ada satu hal yang kadang sulit dibendung, tentang berhubungan suami istri di bulan Ramadhan..

Bagaimana menghadapinya?? Saya coba buka-buka info, dan saya dapat info sederhana.. Semoga kisah sepenggal ini bisa bermanfaat untuk semua sahabat-sahabat. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan, mohon dibukakan pintu maaf.. mudah-mudahan berguna..

“Dihalalkan buat kalian pada malam puasa untuk menggauli istri-istri kalian.” (QS. Al-Baqarah: 187)

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya…. Melihat surat dalam Quran dan Hadits tersebut, bulan Ramadan bukan berarti pasangan suami-istri juga harus berpuasa dari seks, hubungan seksual suami-istri diperbolehkan dilakukan malam hari hingga awal fajar. Yang diharamkan jika dilakukan pada siang hari. Jika pasangan melakukannya di siang hari, ada kafarat (tebusan), yaitu kaffarah adz-dzihar(memerdekakan budak; kalau tidak mampu, berpuasa dua bulan berturut-turut; kalau tidak mampu, maka memberi makan 60 fakir miskin). Di samping itu, tetap harus meng-qadha hari itu dan bertaubat kepada Allah SWT terhadap perbuatan dosa yang  dia lakukan.

Untuk disiang hari, sekedar mencium sepertinya tidak membatalkan puasa, dan diwajibkan bagi kita untuk bisa menguasai hasrat untuk tidak lebih dari hal lain (jima) yang bisa membatalkan puasa… jika kira-kira tidak kuat menahan hasrat karena mencium…. lebih baik tidak mencium istri kita.. maaf kalo salah ya…

Hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha yang telah dikeluarkan oleh Al-Bukhari dan Muslim menyebutkan: “Pernah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mencium dan mencumbu, sedangkan beliau dalam keadaan puasa.” Ia berkata: “Dan beliau paling bisa menguasai hasratnya daripada kalian.”

Saya ga bisa terlalu panjang menjeberkan tentang hukum-hukumnya karena saya sendiri masih tahap belajar, untuk tips sederhana agar aktivitas hubungan suami istri lancar jaya selama Ramadan adalah seperti ini :

1. Niatkan untuk ibadah
Melakukan hubungan seks pada malam hari saat Ramadhan justru berpahala, karena termasuk ibadah. Karena itu, jangan terbebani dan lakukanlah dengan hati senang dan ikhlas. Anda berdua akan lebih menikmatinya.

2. Manajemen Waktu
Pintar-pintarlah mencari waktu yang tepat melepaskan hasrat karena waktu yang relatif sempit selama Ramadan. Setelah berbuka di sore hari hingga tarawih, Anda masih punya waktu beberapa jam hingga masuk waktu sahur. Manfaatkan waktu ini untuk bermesraan dengan pasangan.

3. Seks Kilat
Selama berpuasa, kita harus menjaga agar fisik tidak lemah di siang hari. Apalagi jika kedua pasangan sama-sama bekerja. Jika selama ini durasi seks bersama pasangan lebih lama, usahakan lakukan lebih cepat, agar tenaga tak terkuras. Rasa malas karena harus mandi besar bisa dikurangi dengan mandi air hangat agar tak kedinginan.

4. Saling mengerti
Anda dan pasangan harus memiliki pikiran yang selaras, tanpa ada keinginan memaksakan kehendak atau menang sendiri. Bila salah satu dari pasangan enggan, pasangan lainnya harus mengerti. Jika hubungan intim suami-istri dilakukan dengan cinta, selain pahala, pasangan bisa menghapuskan dosa-dosa.

Kira-kira itu saja tips singkat yang saya coba share.. selanjutnya tolong ditambahkan… tarik maang….

Medi, Juli 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: