Golongan Darah.. kandungan dan karakteristik orang yang memilikinya

Ngobrol-ngobrol dikit sama temen-temen kerja, ternyata tidak sedikit yang tidak tau golongan darahnya.. yaa ampyuuun… Tau ga pentingnya golongan darah? Yang  saya tau, jika seandainya (nauzubillah…) kita mengalami  kehilangan darah dalam jumlah besar disebabkan kecelakaan, operasi, syok dan tidak berfungsinya organ pembentuk sel darah merah.yang mengharuskan kita untuk transfusi darah, tentunya akan lebih mudah untuk mencari darah yang sesuai jika kita tau golongan darah kita.

Sebegitu pentingnya golongan darah hingga selalu tercantum dalam berbagai tanda pengenal identitas kita. Kebayang kalo harus cek darah dulu dalam keadaan darurat, keburu ga yaaa….

Apa saja sih golongan darah itu, saya coba share kembali golongan darah tersebut berikut katanya karakteristik orangnya hehehe…

Golongan darah kalo kata Wikipedia adalah pengklasifikasian darah dari suatu individu berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Hal ini disebapkan karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah tersebut. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh). Di dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebih jarang dijumpai. Transfusi darah dari golongan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan reaksi transfusi imunologis yang berakibat anemia hemolisis, gagal ginjal, syok, dan kematian.

Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya, sebagai berikut:

  • Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah A-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah A-negatif atau O-negatif.
  • Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah B-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan dolongan darah B-negatif atau O-negatif
  • Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Sehingga, orang dengan golongan darah AB-positif dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut resipien universal. Namun, orang dengan golongan darah AB-positif tidak dapat mendonorkan darah kecuali pada sesama AB-positif.
  • Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. Sehingga, orang dengan golongan darah O-negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut donor universal. Namun, orang dengan golongan darah O-negatif hanya dapat menerima darah dari sesama O-negatif.

Secara umum, golongan darah O adalah yang paling umum dijumpai di dunia, meskipun di beberapa negara seperti Swedia dan Norwegia, golongan darah A lebih dominan. Antigen A lebih umum dijumpai dibanding antigen B. Karena golongan darah AB memerlukan keberadaan dua antigen, A dan B, golongan darah ini adalah jenis yang paling jarang dijumpai di dunia.

Nah bagaimana karakteristik orang berdasarkan golongan darah mereka? Dibawah ada info menarik dari teman yang mungkin bisa memberikan sedikit gambaran hehehe…

 

Golongan darah saya O,  kamu golongan darah apa?? Ayo di share kelebihan dan kekurangannya….hehehehe

Medi, Ags 2012

2 Responses to “Golongan Darah.. kandungan dan karakteristik orang yang memilikinya”

  1. Alhamdulillah, mksh share ilmunya. Pernah sy dptkan ilmu dari guru sy ttg golongan darah, penemunya, serta mengapa diberi nama “A” atau Antigen A, dsb. Notasi A disini adalah Alfa, dan Notasi B disini adalah Beta, jadi bila tdk mengandung keduanya artinya “Kosong” atau “Nol”, hanya saja…karena sdh ada huruf A, B, AB, maka Nol dinyatakan sebagai abjad “O” yg kebetulan hurufnya identik dgn angka 0. Sehingga pesan guru sy..penyebutan yg benar, gol darah nol bukan abjad O. Maaf sekedar sharing saja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: