Sensasi berkendara ayago super…Satria FU150..

Kemaren malem lagi makan malem tiba-tiba aja kakak ipar nyeletuk.. “Mau ke Majalengka nih, tukeran motor dulu yuk..” …hmmm… saya jawab santai “Ya silahkan pake saja”..

Apa hubungan obrolan tersebut dengan tulisan ini?… terus terang, sebelum saya memutuskan untuk membeli si maroon (V-ixion) di tahun 2008, satria FU masuk jajaran pilihan saya, selain pulsar180… Tapi setelah menilai, menimbang segala aspek dari keperluan, part dll, dsb… si Maroon jadi pilihan.

    

Dan sesuai request kaka ipar, alhasil sudah seminggu ini saya pake si ayago super lansiran 2011…

Kebetulan satria FU yang saya pake ini sudah sedikit ada modif, terutama si kaki-kaki, setang dan knalpot… pelek standar sudah berganti pelek jari-jari TK, depan pake ukuran 17×1.40 dibalut ban Comet M1  60/80 dan belakang 17×1.80 dibalut ban mizzle power tread 2.25 cingkrang…, setang jepit lansiran DBS Everace, dan knalpot R9 seri new mugelo… drag look style😀 serasa jadi anak muda lagi ahahaha…

Emang sensasi ni motor ringan banget (secara biasa pake piksen ban gambot ukuran 130/70 dibelakang, parkir aja perlu tenaga), naek satria FU saya ga perlu keluar tenaga banyak untuk markirin, dijalan pun pengennya betot gas mulu hihi… tapi sukurlah kondisi jalan dari tempat tinggal ke tempat kerja (Salajambe-Cibatu, Sukabumi) jalannya jelek, saya cuma bisa jalan maksimum 40kpj..

Dan alhamdulillah berasa pegal di pergelangan tangan karena posisi riding nunduk dan setang yang nilep kedalem..

Untuk spesifikasi satria FU ga usah diraguan lagi,

MESIN

  • Jenis 4-Tak, DOHC, Berpendingan Udara, SACS, 4-Katup
  • Jumlah Silinder 1 (satu)
  • Diameter Silinder 62 mm
  • Langkah Piston 48.8 mm
  • Kapasitas Silinder 147.3 cc
  • Perbandingan Kompresi 10.2 : 1
  • Daya Maksimum 16 Ps/9.500 rpm
  • Torsi Maksimum 1.27 Kg.m . 8.500 rpm
  • Karburator MIKUNI BS 26 – 187
  • Saringan Udara Jenis Kertas
  • Sistem Starter Elektrik dan Kaki
  • Sistem Pelumasan Perendaman Oli

TRANSMISI

  • Kopling Manual plat majemuk tipe basah
  • Transmisi 6 Percepatan
  • Arah Perpindahan Gigi 1 Ke bawah, 5 Ke atas
  • Rantai Penggerak DID 428 DS, 122 mata

DIMENSI

  • Panjang Keseluruhan 1.945 mm
  • Lebar Keseluruhan 652 m
  • Tinggi Keseluruhan 941 mm
  • Jarak Antara As Roda 1.280 mm
  • Jarak Mesin ke Tanah 95 mm
  • Berat Kendaraan 95 kg
  • Tinggi Tempat Duduk 764 mm

RANGKA

  • Suspensi Depan Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
  • Suspensi Belakang Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
  • Sudut Kemudi 45° (Kanan dan Kiri)
  • Radius Putar m 2
  • Rem DepanRem Belakang Cakram/Cakram
  • Ukuran Ban Depan 70/90-17 38S
  • Ukuran Ban Belakang 80/90-17 44S

SISTEM LISTRIK

  • Sistem Pengapian CDI
  • Busi NGK CR8E/ DENSO U24ESR-N
  • Accu 12 V (2,5 Ah)/10 HR
  • Kapasitas :
  • Tangki Bahan Bakar 4,9 L
  • Dengan penggantian saringan oli 1.100 ml
  • Tangki Oli Mesin 1000 ml

Memang ga berlebihan kalo saya sebut ayago (ayam jago) super… agak telat sih ngerasainnya tapi ga apa-apa daripada ngga sama sekali…

Dari sekian orang yang ngasih komen… untuk rekan kerja yang usia-nya muda bilang “motor keren” yang udah agak tua bilang “ga pegel tuh motor?”.. hahaha.. untung saya bocah tua nakal…

Sekian dulu ah… lagi ngerasain sensasi berkendara satria FU..

MEDI, Sept 2012

2 Responses to “Sensasi berkendara ayago super…Satria FU150..”

  1. suara knalpotnya gimana bro??
    kayaknya ngebass tuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: