Gejala kehamilan yang harus diketahui juga oleh kaum pria..

Bagi pasangan baru, kehamilan sang istri tentu menjadi suatu hal yang di nanti-nanti. Selain liatin kalender, ngitung-ngitung masa haid dan masa subur sang istri, berharap istri terlambat datang bulan hehehe… pasti ga kebayang apa tanda-tandanya, jangankan untuk pria, untuk setiap wanita pun akan berbeda tandanya bagi tiap anak yang dikandungnya.

Istri mual-mual, muntah-muntah agak deg-degan “Aduh ini hamil apa bukan ya?”. Memang agak susah bedain antara tanda hamil, datang bulan atau ga enak badan hehe… katanya terlambat haid bisa dikategorikan istri sedang hamil.. tentunya bisa dipastikan dengan test pack atau periksa ke dokter biar yakin..

Dari pengalaman dan hasil konsultasi dari orang-orang yang pernah mengalaminya, saya ingin berbagi, apa mungkin ini tanda-tanda hamilnya (beberapa terjadi sebelum dan sesudah haid telat.


1. Pusing
Istri saya sering merasa pusing tanpa sebab, saya pikir karena sakit atau mau datang bulan kalo pas tanggalnya.
2. Suhu badan naik
Saya beberapa kali bisa merasakan suhu badan istri naik tiap pagi hari, badannya kayak yang lagi mau sakit, hangat tapi ga panas, dan cuma terjadi kalau bangun tidur.
3. Perut kembung
Sebelum nikah perut istri saya rata banget, malah bisa dibilang kurus, sekarang keliatan kayak masuk angin, kembung.
4. Dada/P***dara sensitif
Seperti terasa sakit kalau tersentuh, katanya memang jadi lebih sensitif, meskipun biasanya saat mau haid juga sensitif, tapi waktu itu sih sensitif bangetttt, suka emosi sendiri kalau ga sengaja kesenggol.
5. Kram perut
Kayanya ga ada bedanya sama mau dapet, tapi terasa lebih ringan. Sulit ya ngebedainnya..hehehe
6. Pegal, Letih dan Lesu
Seperti PMS, kondisinya tidak beda jauh, cuma rasanya kaya lebih berat kalau menurut saya.
7. Nafasnya jadi cepat
Sering mengeluhkan sesak nafas, nafasnya kayak abis olahraga, terengah-engah gitu dan pendek.
8. Penciuman sensitif
Sering ngerasaain bau-bauan yang kata istri nyengat banget tapi orang lain biasa aja.
9. Haid yang telat
Istri saya tergolong yang selalu teratur tiap bulan, maju-mundurnya hanya sehari, jadi begitu tahu telat 3 hari langsung deg-degan… (mudah-mudahan ya Allah)
10. Beser
Istri sibuk buang air kecil terus…
11. Mual dan Muntah
Ini tanda-tanda umum bagi wanita yang hamil, tapi istri saya sampai saat ini seperti tidak ada tanda-tanda mual.

Apa yang harus saya lakukan sebagai suami?
Kalau yang saya lakuin waktu itu :
1. Setelah ada tanda terlambat haid, sama sekali tidak ‘berhubungan’ dengan istri… di rem dulu. Sampai tahu apakah istri saya bener-bener hamil atau engga. Dan konsultasi dengan dokter.
2. Menganjurkan istri untuk tidak melakukan kegiatan yang melelahkan. Banyak beristirahat.
3. Memberikan dia perhatian lebih, banyak bersabar karena emosinya yang labil… demi sang buah hati hehehe…
4. Melarang istri banyak naik turun tangga, kalau pun harus sebaiknya pelan-pelan.
5. Telat beberapa hari aja sebaiknya dicoba dengan test pack, karena kita ga pernah tahu hamil atau tidak, dan sekiranya hamil kita tidak tahu kandungannya kuat apa tidak, jadi ga ada acara nunggu 2 minggu telat. Karena dengan demikian kita bisa lebih berhati-hati menjaga istri. Jika hasil test pack ada kemungkinan hamil langsung periksakan ke dokter.
6.Banyak bertanya kepada teman-teman, saudara, atau orang tua sendiri tentang pengalaman hamil pertama.

Naaaahhhh…. jika ternyata benar istri positif hamil, sebarkan beritanya kepada keluarga dan teman terdekat, atau juga boss-nya (kalo istri bekerja). karena kondisi hamil yang paling beraaaattt itu justru trimester pertama. Kalau disekitar istri kita ga tau dia hamil, repot banget… kasian istri tersayang.. Ga lucu kan istri kita disuruh lembur gara-gara boss-nya ga tau istri kita lagi hamil.

Hamil butuh kondisi lebih spesial, jadi sebisa mungkin mengabarkan orang terdekat supaya ngerti keadaan istri kita.

Dan dengan disebarkannya kabar baik tersebut tentunya secara tidak langsung kita pun meminta doa kepada orangtua, saudara, sahabat dan orang-orang disekitar kita.

Mungkin sekian informasi yang pernah saya rasain sekarang, semoga bisa bermanfaat buat yang lagi dag dig dug dengan keadaan sang istri, antara hamil, datang bulan atau ga enak badan biasa.

Kalau ada yang mau menambahkan, silahkan saya tunggu banget…

Medi, Sep 2012

*Berharap akan kehadiran sang buah hati…

25 Responses to “Gejala kehamilan yang harus diketahui juga oleh kaum pria..”

  1. Nice info…!

  2. Istri saya sudah telat 6hari. Kemarin TP hasil (-) kadang2 ngeluh keram perut. Terus PD nya kl di snetuh sakit banget. Cuma itu yang di rasain istri. Tapi istri ngerasa bukan hamil. Katanya tanda mau M. Tapi saya berharap istri benar2 hamil. Semoga. Mohon do’anya ya.

  3. ​اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
    Kemarin pas di periksa ke dokter, ternyata istri benar2 hamil. Emang sih masih terlalu mudah. Tapi tips nya bisa saya lakuin buat istri tercinta. Do’ain semoga sehat sampai lahiran ya.
    .آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِنْ

  4. Tidak malam hari, ketika bangun saja suhu badan istri panas sekali,knapa?

    • dewi lestari Says:

      Karena, salah 1 tanda hamil itu adalah suhu basal tubuh tinggi. Suhu basal tubuh adalah, suhu terendah yg dicapai tubuh dlm keadaan istirahat. Makanya knp suhu tinggi ketika bangun tidur, karena korpus luteum menghasilkan hormon progesteron selama hamil.

  5. istri sy sudah telat 4 hari,tapi kenapa tidak ada perubahan layaknya org hamil.cuma PD tambah besar dan gelap.,masih ragu untuk test pack takut (-)

  6. Syaifa Rizky Says:

    Haii Assalamualaikum, aku mau tanya.. Aku alhamdulillah sudah postif pas telat 2 minggu.. Lalu lsg ke dokter dan usg (krn saking excitednya sm kehamilan pertama) tp kt dokter belom ada janinnya mgkin krn masih baru. Trs saya setiap pagi & malam badannya panas. Sm mual hampir tiap saat, apa wajar yah klo tiap hari gt ..

    • fesoy Says:

      wa’alaikumsalam.. mudah2an yang diinginkan akan segera tiba, umur 2minggu kayanya memang belom kelihatan CMIIW, sy cek istri waktu usia telat sudah 4minggu, alhamdulillah sesuai USG ternyata memang sudah 4minggu 6hari. Hasil USG memang belum keliatan apa2, cuma dokter yg tau dan bilang kantungnya sudah ada hehe.. untuk kondisi panas dan mual memang berbeda2 utk setiap calon ibu. mudah2an dilancarkan segalanya…🙂

  7. dhani Says:

    asslamualaikum
    saia mau tanya
    istri saia udah telat 3 minggu hampir 1 bulan tapi hasil tes pack (-) dan perut bagian bawah suka keram dan pinggang kiri kanan suka sakit
    apakah dia mau hamil ya?
    plis coment

  8. saya telat 2 hari, lngsung TP, alhamdulillah hasilnya (+)
    pengen USG, tp nunggu telat 10 hari lagi..
    kira2 kalo USG udah keliatan blm ya?

    • saat kandungan masih kecil sepertinya belum keliatan. sy cek istri ternyata waktu itu sudah hamil 6minggu di USG dokter bilang positif hamil, kantung nya sudah terbentuk.. sy sendiri ga bisa liat apa2 hehehe..

  9. Sama yang kurasakan saat ini bro……deg degan ….istriku hamil ga ya ? Dah telat,skrg pusing,lesu…
    Bismillah

  10. Aku ♏ǻμ tnya Ɓ@ЙǤĕĕĕ† dong mas, istri saya kan udah 2 bulan terakhir ini dapet haid nya sering telat, pdhal tgal seharus nya dtag blan tuh tgal 9 ,wktu bulan agustus dia dtag bln tgal 24, terus dapet └åƍȋ̝̊̅̄. Bulan oktober tgal 10, wktu itu kita udh tes pke tesfek 2x tpi hasil nya negatif, dan setelah dapet di bulan oktober kira2 12 hari dia ngerasa pusing2, mual,perut kembung,skit kepala, buang air besar’a susah, sring buang air kecil, agak sdkit sesak npas’a, payudara nya jga sakit dn membesar, gampang lelah, dn gampang tertidur tapi klw mlm jarang bisa tdr, yg sya bingung apa itu gjla hamil ataw gejala ♏ǻμ dapet haid lgi, biasa’a gak prnah klw bru bebrapa hari bres haid rasain gejla itu, saya jga jdi gak tega mas liat istri saya tkut udah kesenengan tpi hsil’a negatif lgi. Mohon informasi’a, mksih

  11. Ryata tarye Says:

    Mbk q trakhr haid tgl 7 jnuari kmrin,dan smpai skrng q udah telat 10 hari,td pagi q tp msh (-),tpi ad gejala hamil,sebaikx q tp kpan lgi ea?

  12. 16 th..saya menunggu hadirnya anak dalam rmh tngga kami. saat ini istri sedang terlambat 1 mggu. tpi kami b2 mash takut utk periksa…..takut kecewa. semoga bulan Ramadhan tahun ini membawa berkah utk kami. mohon doanya. amiin

  13. surahman Says:

    assalamualaikum,wr,wb
    Istri saya telat sampai 3 hri tpi pas hri keempat telat dia kluar darah sedikit apaka apakah istri saya hamil ataw nggk
    Tolong juga tips2x biar cepat hamil,saya sdh 6 bln mnikah tpi blm ada hasil

    • mudah2an itu sisa haid yaa.. dan bisa hamil… amiin, tips nya om.. kalo saya yaaa… biasanya wanita sangat subur di sekitar 15hari setelah haid terakhir.. anda coba di sekitar masa subur itu..

  14. Sudah telat 6 hari tapi ga ada tanda kehamilan sama sekali

  15. Wonderful web site you have here. http://bit.ly/2f0xJ92

Leave a Reply

