Hobi mengalahkan segalanya…

vixi_modif_forkplanet_arm

Kalo sudah cinta.. laut akan kusebrangi, gunung pun akan kudaki… gitu mungkin perumpaan orang kalo sudah cinta mati. Tapi bukan masalah cinta dua makhluk ciptaan tuhan yang akan saya bahas saat ini… tapi cinta seseorang kepada hobinya.

Saya punya temen yang hobi banget sama namanya kendaraan roda dua bermesin alias motor.. Dari sejak saya kenal mungkin sudah gonta-ganti sekitar tujuh motor. Dari segala merk dan type.. city sport, sport, adventure..Ganti ga cuma ganti motor, tapi berikut penggantian part-part harganya bisa bikin geleng kepala..

Mungkin hal biasa untuk orang menghabiskan uang untuk hobi, apalagi untuk yang mampu.. tapi khusus buat Kang Rian, untuk orang sekelas kami yang bukan konglomerat yang bersinnya duit hehehe.. salut abissss… orangnya low profil banget. Untuk usaha masih sering pake motor bebek..

Kang Rian, teman saya.. yup.. hobi banget dia sama motor, cuma satu motor yang belom dia punya, yaitu motor yang berkonde hahahaha…Setiap ganti motor, pasti langsung modif tuh motor baru dan biasanya maen limbah moge..

CBR150_modif_proarm

Hobi kadang bisa ga rasional, apapun yang diminati asal kesenangan dapat tersalurkan tak perduli dengan harga mahal, yang penting hobi bisa dijalankan. Para hobispun mempunyai kriteria tersendiri, ada yang sekedar hobi untuk menyalurkan kesenangan pribadi dan golongan kedua hobi yang mendapat nilai plus, selain mendapat kepuasan bathin juga dapat berbagi dengan sesama karena manfaat hobinya tadi… Nah mungkin Kang Rian ini masuk di golongan kedua, hobinya ini menjadi bahan pelajaran untuk para pemodif, ga pelit berbagi ilmu baik untuk orang usaha atau dipakai sendiri… mantaaaffff

Untuk golongan pertama hanya sekedar melampiaskan rasa keinginan, seperti seorang pemancing merasa sangat puas jika sedang  menarik umpan yang dimakan ikan. Setelah ikan didapat mereka sangat bahagia dan terpuaskan oleh rasa hatinya. Namun setelah ikan didapat ia melepaskannya kembali, dan ini dapat kita lihat kepuasan hanya untuk dirinya sendiri..

ninja250_modif_arm_gsx600

Untuk kritiria kedua adalah hobi plus, selain merasakan kepuasan juga dapat berbagi dengan sesama. Orang kedua ini setelah mendapatkan ikan ia membagi-bagikan ikan tersebut kepada orang yang membutuhkannya, seperti tetangga atau para sahabat minimal orang lain juga ikut merasakan manfaatnya. Mudah-mudahan…menulis blog juga masuk kriteria yang ini,  selain penulis merasakan kepuasan, pembaca pun mendapat manfaat dari tulisannya..amiiin

Hobi memang bisa mengalahkan segalanya, asalkan hobi bisa diarahkan dapat bermanfaat untuk diri sendiri juga untuk sesama. Hobi tidak perlu dengan biaya mahal, memang kalau sudah bicara nominal harga hobi tidak bisa diukur dengan uang. Asalkan kesenangan bisa didapat, namun bagi orang yang koceknya pas-pasan masih bisa menjalankan hobinya,…bernyanyilah atau dengarkan musik kesukaan anda. Cukup untuk menghibur pelipur lara.

CBR250_modif_proarm

duke feat nininFI

ktm_duke_200_back

Suatu hobi dapat dikatakan bernilai positif atau negatif menurut tinjauan syari’ah tergantung dari dua hal :

1. Niat atau yang memotivasi dia melakukan hobi tersebut.

2. Jenis hobinya, apakah termasuk didalam kategori halal, haram atau mubah.

Menurut anda bagaimana dengan hobi? kalau sudah hobi waktu yang berlalupun kita lupa untuk menghitungnya berapa yang sudah kita jalankan…

MEDI, 06 Desember 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: